Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Tips Memilih yang Terbaik

Asuransi Penyakit Kritis – Mengidap penyakit kritis atau kronis akan memiliki dampak yang luar biasa untuk kehidupan seseorang. Penyakit kronis atau kritis memerlukan penanganan serta biaya pengobatan yang tinggi, sehingga akan berdampak besar pada finansial penderitanya. Dalam situasi tersebut, asuransi penyakit kritis dapat menjadi penyelamat.

Asuransi penyakit kronis akan menjamin keamanan finansial ketika membutuhkan biaya untuk perawatan medis dan menjamin kehidupan keluarga. Asuransi penyakit kritis bersifat memberikan santunan tunai pertanggungan setelah didiagnosa terkena penyakit kritis.

Manfaat dan Kelemahan Asuransi Penyakit Kritis

Manfaat menggunakan asuransi penyakit kritis antara lain:
Biaya pengobatan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga aset yang dimiliki tetap aman dan akan terhindar dari kebangkrutan karena pengobatan memerlukan waktu yang relatif lama.

manfaat asuransi penyakit kritisUang pertanggungan diberikan secara tunai, maka uang tersebut dapat digunakan untuk melakukan terapi kesehatan yang tidak harus melalui medis seperti berobat secara herbal yang tidak masuk dalam klaim asuransi.

Pemasukan keluarga tetap terjamin meskipun anda sedang sakit karena seseorang yang mengidap penyakit kronis akan berpengaruh besar terhadap kinerja seseorang.

Pikiran tetap tenang karena dengan adanya dana untuk melakukan pengobatan dan tetap tersedianya dana untuk operasional keluarga.
Kelemahan menggunakan asuransi penyakit kritis antara lain:

  • Biaya pengobatan dan perawatan ditanggung oleh asuransi, tetapi untuk penghasilan yang hilang karena penyakit kritis tidak diganti oleh perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi hanya mengganti uang pertanggungan satu kali saja, misalnya dokter sudah menyatakan anda sembuh dari penyakit Ginjal setelah beberapa tahun anda mengidap penyakit jantung maka uang pertanggungan tidak akan keluar, jadi seluruh biaya pengobatan berasal dari kantong pribadi.

Tips Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Di dalam asuransi penyakit kritis terdapat jumlah premi yang harus dibayarkan sebagai kewajiban nasabah kepada perusahaan asuransi di setiap bulannya. Premi yaitu nominal yang harus dibayarkan nasabah kepada perusahaan asuransi supaya mendapatkan manfaat dari asuransi yang dibeli. Premi dalam asuransi ini digunakan untuk biaya pengobatan, perawatan dan santunan dana kepada nasabah.

Premi memiliki beberapa komponen yang wajib diketahui nasabah, komponen tersebut antara lain:

  • Premi dasar yang telah tercantum dalam polis asuransi dan tidak mengalami perubahan selama tidak ada perubahan data.
  • Premi tambahan karena terdapat perubahan antara data nasabah dengan besar resiko yang ditanggung asuransi.
  • Pengurangan premi yang disebabkan oleh faktor eksternal, faktor eksternal ini meliputi kondisi perekonomian nasabah dan faktor internal seperti jangka waktu pertanggungan dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya mendapatkan manfaat yang maksimal dari asuransi penyakit kritis yaitu:

  • Nasabah harus mengetahui secara detail tentang penyakit kritis yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  • Nasabah harus mengerti dan memahami isi polis asuransi yang digunakan karena ada beberapa poin yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga tidak mendapatkan manfaat yang maksimal.
  • Pahami cara pengajuan klaim asuransi dengan meminta daftar dokumen sebagai persyaratan pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi penyakit kritis antara lain:

  • Bandingkan aspek produk asuransi perusahaan satu dengan perusahaan lain seperti aspek cakupan perlindungan dan kemudahan mengajukan klaim.
  • Membeli produk dengan uang pertanggungan yang tidak kecil.
  • Besaran premi sesuai dengan kemampuan.

Baca juga: Tips Memilih dan Daftar Asuransi Pendidikan Online

Nah, salah satu produk asuransi penyakit kritis terbaik yang sangat direkomendasikan untuk anda adalah TAPRO atau Tabungan Proteksi Allianz. Asuransi penyakit kritis ditawarkan dalam dua bentuk yaitu asuransi penyakit kritis murni dan rider unit link.

Bagi anda yang menderita penyakit kritis dengan biaya yang sangat besar akan lebih bermanfaat menggunakan asuransi rider unit link karena uang pertanggungan bisa lebih dari 500 juta. Bagi anda yang menderita penyakit kronis yang tidak memerlukan biaya pengobatan yang mahal akan lebih bermanfaat bila menggunakan asuransi penyakit kritis murni karena uang pertanggungannya dibawah 500 juta.

Untuk informasi lebih detail, silahkan baca:

TAbungan PROteksi
Keunggulan TAPRO
Manfaat Asuransi Allianz TAPRO
Contoh UP 1 Milyar

Mana yang akan dipilih silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Lindungi diri anda untuk masa depan keluarga yang lebih cemerlang dengan asuransi penyakit kritis TAPRO Allianz.

Leave Comment